Saturday, January 13, 2018

PERBEDAAN PROGRAM PENDIDIKAN DIPLOMA DAN SARJANA


Bagi siswa kelas akhir tingkat SLTA yang saat ini akan bersiap menghadapi awal dari perjalanan hidup yaitu di mulai dari Ujian Nasional, SNMPTN, SBMPTN, Utul, ataupun ujian masuk perguruan tinggi negeri, ikatan dinas ataupun swasta. Mungkin sebagian siswa telah menentukan kemanakah ia akan melangkah apakah melanjutkan studi, kerja bahkan menikah. Bagi siswa yang memilih untuk melanjutkan studi mungkin akan di bingungkan dengan istilah DIPLOMA dan SARJANA. Mungkin pada artikel ini saya akan membantu sedikit agar kalian para calon mahasiswa baru atau biasa di sebut dengan camaba dapat dengan mudah menentukan dan lebih tepatnya mengerti apa itu DIPLOMA ataupun SARJANA  dan beberapa tips agar dapat di terima di perguruan tinggi.
Untuk mengawali tulisan saya, saya akan menjelaskan mengenai apa itu DIPLOMA agar kalian paham mengenai program pendidikan agar sebagian orang yang mungkin menyepelekan bahkan merendahkan dapat memahami dengan jelas. Bahkan bagi yang belum tau sama sekali dapat menambah wawasanya mengenai program pendidikan yang satu ini
Diploma adalah jenjang pendidikan vokasi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, meliputi program pendidikan Diploma 1 sampai 4 yang setara dengan program pendidikan Strata 1 (S1). Bagi lulusan program pendidikan Diploma akan mendapatkan gelar Ahli Pratama (A.P) untuk Diploma 1 (D1) contoh : Ahli Pratama Komputer ( A.P.Kom.), gelar Ahli Muda (A.Ma.) untuk Diploma 2 (D2) contoh : Ahli Muda Pendidikan (A.Ma.Pd), gelar Ahli Madya (A. Md.) untuk Diploma 3 (D3) contoh : Ahli Madya  Gizi (A.Md.G). sedangkan untuk D4 atau gelar Sarjana Terapan yang setara atau sama dengan gelar Sarjana 1 (S1) pada umumnya layak menyandang gelar Sarjana dengan di ikuti dengan inisial bidangnya seperti Sarjana Sains terapan (S.ST.). D4  merupakan jenjang pendidikan profesional  yang mempunyai beban satuan kredit semester minimal  sebanyak 144 SKS dan maksimal  sebanyak 160 SKS. (wikipedia)
Pada program studi diploma tingkatan jenjang pendidikan yang di tempuh sesuai dengan tingkatan program pendidikan itu sendiri seperti D4 = 4 tahun dan D3 = 3 tahun. Untuk program D4 yang setara dengan program stata 1 ( S1) bagi lulusanya akan mendapatkan langsung gelar sarjana tanpa harus mencari ekstensi  program agar mendapatkan gelar sarjana itu sendiri. Sedangkan bagi program pendidikan Diploma 3,2, dan 1 harus menempuh jenjang pendidikan hingga D4 agar mendapatkan gelar sarjana.
Setelah mengetahui mengenai program pendidikan DIPLOMA, saya akan menjelaskan mengenai gelar Sarjana (Strata 1/ S1).
Sarjana  adalah gelar akademik yang di berikan kepada lulusan program pendidikan Sarjana (S1). Untuk mendapatkan gelar sarjana secara normatif waktu yang di tempuh  selama 4 hinggga 6 tahun. Namun ada yang juga menyelesaikan dalam 3,5 tahu sampai  lebih dari 6 tahun hal ini tergantung dari kebijakan setiap perguruan tinggi. Karya ilmiah diwajibkan dan merupakan persyaratan untuk mempereoleh gelar sarjana atau yang sering di sebut dengan skripsi. Contoh dari gelar sarjana (S1) adalah Sarjana Ekonomi ( S.E). (wikipedia)
Setelah mengetahui apa itu program pendidikan DIPLOMA dan Sarjana (Strata 1/ S1), mari kita bahas mengenai perbedaan dari keduanya ya itu:
Perbedaan dari program pendidikan DIPLOMA dan Sarjana (Strata 1/ S1) hanya terletak pada porsi atau jumlah materi yang di ajarkan seperti pada DIPLOMA  bahwa porsi materi yang di berikan dalam perkuliahan kira- kira sebanyak 60% praktik dan 40 % materi. Dari presentase tersebut untuk program pendidikan DIPLOMA  banyaknya jumlah porsi praktik karena di harapkanya lulusan Diploma akan menjadi lulusan yang memiliki tenaga dan keterampilan yang profesional di bidangnya. Sedangkan untuk Sarjana (Strata 1/ S1)  jumlah porsi pengajarannya berbeda terbalik dengan Diploma karena jumlah pematerian yang di berikan berjumlah kira kira 60-70% materi dan untuk 40-30% di peroleh dari materi. Jadi lulusan Sarjana (Strata 1/ S1)  di harapkan mempunyai pengetahuan mengenai tenaga dan keterampilan yang sesuai dengan bidangnya.


Setelah kalian membaca artikel ini saya harapkan kalian mengetahui  perbedaan antara DIPLOMA dan Sarjana (Strata 1/ S1)  dan dapat memilih pilihan yang tepat sebelum masa nya yang telah datang.
Sekian dari saya apa bila ada kesalahan mohon di maafkan. Sekian dari saya terima kasih telah membaca.

Terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon