Sunday, January 14, 2018

Tips Dan Trik Masuk Perguruan Tinggi


Bagi siswa kelas akhir, saat ini merupakan ujung tombak dari perjuangan menggali ilmu di tingkat SLTA. Bagi sebagian siswa yang akan meneruskan studinya telah memikirkan dengan matang  untuk memilih universitas yang akan di tuju dan mempersiapkan diri dengan mengikuti pembelajaran ekstra untuk mengikuti jalur SBMPTN. Namun ada beberapa hal yang harus di perhatikan oleh para calon mahasiswa agar dapat memiliki kursi di universitas yang di tuju. berikut beberapa tips agar kalian dapat lebih mudah masuk ke perguruan tinggi.

1. Kenali potensi,kemampuan,dan minat.
Sebelum mengetahui yang lain, sebagai calon mahasiswa harus pertama kali memikirkan hal ini. Mungkin bagi sebagian orang kurang memahami potensi apa yang ia miliki, kemampuan apa yang ia miliki dan dapat di unggulkan bahkan di minat apa yang ia sukai. Karena dengan begini kita dapat dengan mudah mengenali jurusan apa yang akan kita pilih di saat masa seleksi masuk perguruan tinggi. Menurut saya ini sangatlah penting karena dengan begini kita tidak akan merasa salah masuk jurusan. Mengertilah, rasa salah masuk jurusan lebih sakit ketimbang di putusin oleh si doi. Yakin deh.

2. Kepo terhadap jurusan dan perguruan tinggi yang kita minati
Pada tips yang ke dua ini sangatlah penting. Karena dengan kita mengetahui terhadap jurusan dan perguruan tinggi yang kita minati. informasi-informasi tersebut dapat mempermudah kita untuk mencari peluang mendapatkan perebutan jatah kursi dari setiap jurusan yang ada di setiap perguruan tinggi yang ada. Biasanya semakin sedikitnya calon peminat semakin mudah kita untuk mendapatkan jatah kursi untuk di terima di jurusan tersebut. Tidak hanya itu lihatlah kuota dari jumlah yang di sediakan untuk jurusan yang telah kita pilih. Ingat!, Untuk pemilihan jurusan, kenali terlebih dahulu potensi, kemampuan dan minat. Setelah kita mengetahuinya lihatlah informasi mengenai perguruan tinggi tersebut. Fikirkan kembali apakah cukup potensi dan kemampuanmu di perguruan tinggi tersebut. Mengenai jurusan kalian akan di hadapkan dengan yang namanya program pendidikan Diploma dan Sarjana, untuk lebih jelasnya Klik di sini

3. Telusuri jalur penerimaan apa saja yang  bisa di ikuti
Sebagai persiapan, telusuri apa saja jalur penerimaan yang dapat di ikuti dari jurusan tersebut. Karena dengan setelah kita mengetahui jalur penerimaan apa saja yang dapat kita ikuti untuk bisa mendapatkan jatah kursi yang telah di sediakan. Dengan begini kalian dapat berusaha mempersiapkan diri lebih matang dari masing-masing ketentuan dari jalur penerimaan tersebut. Ingat!,  jalur penerimaan tidak hanya pada SNMPTN Dan SBMPTN. Masih banyak lagi jalur penerimaan seperti Ujian Tulis, PMDK-PN, Penelusuran Bibit Unggul (SV-UGM) dan masih banyak lagi.

4. Hindari Gengsi, Malas dan Meremehkan.
Hal ini merupakan polemik yang susah di hilangkan dari beberapa siswa yang ingin terkenal atau di cap sebagai mahasiswa yang pintar walaupun tidak, bahkan hanya mencari perguruan tinggi yang terkenal. Ingatlah, mahasiswa bukanlah seperti siswa lagi. Mau sebagus apapun perguruan tingginya, mau seterkenalnya perguruan tingginya jika kemampuan dan potensi kalian tidak sesuai, maka kalian akan merugi sendiri. Meskipun kalian akan di terima namun tidak sesuai dengan jurusan yang sesuai dengan kemampuan dan potensi diri, maka penyesalan akan menghampiri. Selain gengsi, hindari sifat malas ketika kalian akan berjuang untuk mendapatkan jatah kursi di perguruan tinggi. Jangan sekali-kali meremehkan suatu hal, karena belum tentu yang menurutkalian itu buruk tetapi berbanding terbalik dari apa yang kalian ketahui. Ingatlah!, dunia mahasiswa tidak seperti para siswa bayangkan!. Jangan kalian bayangkan bahwa jadi mahasiswa itu bebas. Karena mahasiswa tidak sebebas yang kalian bayangkan. Ketika kalian sudah menjadi mahasiswa maka kalian akan merasakan itu.

5. Konsultasi terhadap guru dan orang tua
Konsultasi itu perlu, dengan konsultasi kita juga dapat mempermudah mendapati informasi mengenai kemampuan diri dan orang tua, potensi diri, jurusan terkait, alternatif bahkan jalur penerimaan dan beasiswa yang dapat kita peroleh.

6. Berserah diri, tetap berusaha dan ikhlas
Yang terakhir adalah  berserah diri, tetap berusaha dan ikhlas. Karena setiap perjuangan memerlukan pengorbanan, tetaplah optimis dan semangat untuk berjuang. Karena kemungkinan dari setiap apa yang kalian tempuh akan ada saatnya kalian terjatuh. Yang terpenting usaha dan berdoalah agar usaha yang telah kita lakukan akan membuahkan hasil yang terbaik buat kita, karena usaha tidak akan menghianati hasilnya.


Demikian tips dan trik yang dapat saya sampaikan, semoga dengan adanya artikel ini dapat mempermudah kalian dalam berjuang  untuk mendapatkan jatah kursi di perguruan favoritkalian. Artikel ini saya buat berdasarkan pengetahuan dan pengalaman saya pribadi bahkan dari teman-teman saya yang telah mengikuti berbagai usaha demi merebutkan jatah kursi di kancah pegruruan tinggi yang mereka minati. Sekian dari saya apa bila ada kesalahan mohon maaf se-besar besarnya. Semangat bagi calon mahasiswa baru semoga kalian dapat di terima di perguruan yang kalian inginkan. Assalamualaikum wr. Wb.

2 comments

Terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon