Thursday, December 7, 2017

Transisi Dari Siswa Menjadi MAHA

Setelah kita lewati masa Ujian Nasional mungkin perasaan lega akan muncul dalam diri kita sendiri dan memikirkan bahwa kita akan bertransisi menjadi sesosok manusia yang akan mendapatkan sebutan "maha" atau tingkatan siswa tertinggi dalam dunia pendidikan yang ada di indonesia. Mungkin kita dapat berfikir bahwa menjadi sesosok mahasiswa dengan dalam tanda kutip "kebebasan" yang biasanya jam kuliahnya tidak seperti pada siswa umumnya dan kebebasan-kebebasan yang tidak ada pada zaman ketika masih mendapatkan title siswa. Dan itu sempat saya rasakan pada saat saya masih di SLTA, ketika itu saya memikirkan bahwa kebebasan dalam pendidikan di perguruan tinggi teramat terlihat menyenangkan. tetapi setelah menjadi mahasiswa seutuhnya saya rasa kebebasan tersebut mengghilangkan sebagian kebahagiaan yang saya miliki dalam menjadi siswa.

Pada umumnya siswa juga memikirkan hal tersebut. bahkan pemikiran untuk serius dalam hal pencarian perguruan tinggi yang ingin ia masuki masih belum terfikirkan oleh siswa kelas akhir. menurut saya ini adalah suatu langkah yang teramat ceroboh, karena sepengalaman dari teman-teman saya yang seperti itu pada saat seleksi perguruan tinggi dengan jalur undangan akan memakan waktu yang cukup lama untuk memikirkan perguruan tinggi yang tepat. jadi menurut pandangan saya untuk para siswa kelas akhir semoga dengan adanya informasi mengenai perguruan tinggi segera di fikirkan agar saat waktunya tidak melakukan suatu hal yang tiada berguna

Terimakasih telah berkomentar
EmoticonEmoticon